WOWW !!! DIWARNAI DISSENTION OPINION, MAJELIS KI KABULKAN GUGATAN KRAK TERHADAP GUBERNUR SULTENG

Palu — Lintastoday.com. Ini sejarah baru dalam upaya mewujudkan agenda keterbukaan informasi di provinsi sulawesi tengah, siang tadi, senin (18/5/2020) bertempat diruang sidang Garuda Kantor KI, Majelis Komisi Informasi Provinsi Sulawesi Tengah membacakan putusan sengketa informasi antara Koalisi Rakyat Anti Korupsi (KRAK) berhadapan dengan Gubernur Sulawesi Tengah.

Dalam sidang pembacaan putusan yang dipimpin Hakim Komisioner Ketua Isman, SH serta Rahim Atjo, SH dan Rusli Hasan, SE sebagai anggota majelis komisioner, diputuskan permohonan gugatan KRAK Sulteng dikabulkan seluruhnya dan putusan tsb harus dilaksanakan selambat-lambatnya dalam tempo 14 hari kerja.

Dipersidangan yang berlangsung hampir 3 jam itu, terungkap bahwa gugatan sengketa informasi yang diajukan oleh KRAK Sulteng, adalah terkait informasi atau dokumen pertanggungjawaban perjalanan dinas anggota DPRD Provinsi Sulawesi Tengah Periode 2014-2019. Menariknya, dalam putusan majelis komisioner tersebut, terdapat putusan dissention opinion dari salah seorang anggota majelis komisioner Rahim Atjo, SH yang dalam oertimbangannya menilai Gugatan KRAK Sulteng tidak dapat diterima, karena dokumen atau informasi yang diminta tidak dalam penguaaan Gubernur atau PPID Utama.

Meskipun diwarnai dengan putusan dissention opinion, KRAK Sulteng selaku pemohon mengaku puas dan memberikan apresiasi atas putusan majelis komisioner yang mengabulkan gugatan mereka secara keseluruhan. “Kami puas dan memberikan apresiasi atas putusan majelis KI, ini bukti kemandirian dan independensi Majelis KI dalam pengambilan putusan,” tegas Harsono Bereki, Ketua KRAK Sulteng. (Irfan Pontoh)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *