Tingkatkan Profesionalisme Prajurit Lanal Ranai Latihan Penentuan Posisi Kapal Saat Operasi

Lintastoday.com – Kepri, Ranai – TNI AL – Natuna, Prajurit Bintara dan Tamtama Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Ranai Korps Bahari berlatih cara menentukan posisi kapal (Plotting). Latihan tersebut berguna mengasah kemampuan anggota TNI AL khususnya Korps Pelaut dalam bernavigasi di Laut. Bertempat di Kantor Staf Operasi Mako Lanal Ranai Jl. Yos Sudarso No. 01 Kelurahan Batu Hitam Kec. Bunguran Kab. Natuna Provinsi Kepulauan Riau.
Jum’at (16/02/2024)

Komandan KAL Pulau Bungaran Lettu Laut (P) Karwin, selaku pemberi materi dalam latihan tersebut menyampaikan bagaimana plotting yang benar dan cepat kepada seluruh peserta latihan.

Komandan Kal Pulau Bungaran, juga memberikan pengetahuan lainnya seperti GPS, Radar, dan Peta Laut (chart). Dalam penyampaiannya mengenai Peta laut disampaikan bagaimana bumi yang berbentuk bulat tidak beraturan di buat menjadi bidang datar berupa peta dengan menggunakan proyeksi Mercator, juga di latihkan cara membaca Peta laut.

Berdasarkan peralatan yang ada di Kapal Perang pada umumnya Plotting bisa dilaksanakan mengunakan:

1. GPS (Global Positioning System)
2. Baringan dan jarak
3. Dua baringan atau lebih

Penentuan posisi kapal terebut sangat penting dikuasai oleh anggota TNI AL khususnya Korps Pelaut untuk keamanan navigasi apalagi apabila kapal berlayar di alur maupun laut sempit (banyak bahaya navigasi).

Disela – sela pemberian materi, Komandan KAL Pulau Bungaran menyampaikan
Setelah menguasai materi ini diharapkan para Prajurit Bintara dan Tamtama korps Bahari mampu melayarkan kapal dengan menggunakan alat bantu navigasi dengan benar sesuai prosedur yang telah ditetapkan, sehingga pelayaran dapat terlaksana dengan selamat dan aman.

Pada kesempatannya, Komandan Lanal Ranai Kolonel Laut (P) Maman Nurachman menyampaikan kepada Prajurit Bintara dan Tamtama Lanal Ranai khususnya Korps Bahari, semuanya harus belajar cara menentukan posisi kapal (Plotting).

Lebih lanjut, Komandan Lanal Ranai menyampaikan pelatihan Plotting bagi Prajurit Bintara dan Tamtama Korps Bahari bertujuan untuk meningkatkan profesionalisme dan kemampuan prajurit dalam menggunakan alat Navigasi dan bisa menentukan posisi kapal pada saat operasi di Laut.

Editor: E. Taufik

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *