Tingkatkan Ketahanan Pangan ditengah Wabah Covid 19, Kapolres Tolitoli Launching Kampung Tangguh Nusantara “Bone Beradab”

TOLITOLILintastoday.com – Dusun Bone Desa Tinigi Kecamatan Galang Kabupaten Tolitoli diresmikan sebagai Kampung Tangguh Nusantara “Bone Beradab”.

Peresmian itu ditandai dengan launching dan pencanangan yang dilakukan langsung oleh Kapolres Tolitoli AKBP Budhi Batara Pratidina SH SIK MH, Jumat (7/8/2020).

Pada acara pencanangan Kampung Tangguh Nusantara “Bone Beradab” ini, turut dihadiri oleh Asisten Sekretaris Daerah Kabupaten Tolitoli Bidang Administrasi Umum Ir. Hardiyan, Danlanal Tolitoli Letkol Laut (P) Bayu Dwi Wicaksono STR HANLA MM, Dandim 1305/BT diwakili Kapten Inf Moh Salam.

Ikut hadir, Anggota DPRD Dapil II Kecamatan Galang, Kapala Dinas Pertanian dan Holtikultura Rustam Rewa, Kepala Seksi Promosi Kesehatan Maksum Mokodompit, Divisi Ketahanan Pangan dari Penyuluh Pertanian Fadly SP, para Kepala Desa se-Kecamatan Galang, Ibu PKK Kecamatan Galang dan ibu PKK Desa Tinigi, para Tokoh masyarakat, Tokoh Agama, Tokoh Pemuda serta Tokoh Perempuan.

“Bone Beradab” sendiri merupakan singkatan dari (bersih, aman, damai, berakhlak).

Di Kampung Tangguh Nusantara “Bone Beradab” ini, Polres Tolitoli bersama dengan warga masyarakat setempat mempunyai objek ketahanan pangan yang bisa dimanfaatkan oleh masyakat seperti kebun sayur mayur binaan Polres Tolitoli, kebun jagung dan kebun kacang tanah binaan Polres Tolitoli serta sawah seluas 430 hektare binaan Polres Tolitoli yang diharapkan mampu menjadi lumbung pangan di Desa Tinigi dalam menghadapi pandemi covid-19.

Alasan Dusun Bone Desa Tinigi dijadikan Kampung Tangguh Nusantara karena salah satu indikatornya adalah sumber daya manusia dan sumber daya alam yang memadai, dan juga memenuhi lima kriteria tangguh, yaitu tanggap informasi, tanggap kesehatan, tanggap keamanan, tanggap pangan dan tanggap bencana.

Kapolres Tolitoli dalam kesempatannya, mengucapkan terimakasih kepada unsur Muspika Kecamatan Galang terkhusus kepada Kepala Desa dan seluruh perangkatnya, dan teristimewa kepada warga masyarakat Desa Tinigi yang telah mendukung program ini.

“Pada hari ini, Kampung Tangguh Nusantara Bone Beradab Desa Tinigi dapat diresmikan, dengan harapan tidak hanya berhenti sampai disini, akan tetapi terus bekelanjutan agar ketahanan pangan, keamanan yang sudah berjalan dengan baik bisa tetap terjaga terutama dalam situasi saat ini memasuki Adaptasi Kebiasaan Baru covid-19” kata Kapolres Tolitoli.

Kapolres Tolitoli juga berpesan kepada seluruh masyarakat yang hadir untuk tidak saling memprovokasi ataupun terprovokasi dengan berita atau isu-isu yang berkembang disaat pentahapan Pilkada 2020, terutama yang belum jelas kebenarannya baik secara langsung maupun melalui media sosial. (Humas/Umar Alamrie)

Editor : Irfan Pontoh

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *