Terkait Salahsatu Paslon di Lingga Berpose Tiga Jari Menjadi Pembicaraan di Kalangan masyarakat Melalui Media Sosial.

Lingga. Menjelang satu hari peresmian puskesmas kesehatan di Rejai,yang di Resmikan oleh Wakil Bupati Lingga Muhammad Nizar,menjadi pembicaraan masyarakat di dunia maya.

Dalam foto yang beredar di media sosial ada sejumlah ASN dan pegawai lainnya berpose dengan Paslon Bupati dan Wakil Bupati Lingga dengan simbol tiga jari di beberapa akun media sosial masyarakat.

Melalui pesan WhatsApp, masuk informasi dari masyarakat ke pada salah satu wartawan yang aktif di lingga, terkait peragaan “Salam Tiga Jari”, oleh salah satu kandidat kontestan Pilkada Lingga, pada saat usai peresmian Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas-red) Pembantu, di Rejai Kec/Bakung Serumpun Kab.Lingga, beberapa hari lalu.Tgl.26/09/2020

Didalam peragaan “Salam Tiga Jari” tersebut, kelihatan beberapa “ASN” juga ikut secara bersama-sama dengan kandidat kontestan dimaksud seperti terlihat pada foto.

Menurut Narasumber sipengirim pesan melalui WhatsApp, ada suatu pertanyaan yang perlu dijawab oleh Bawaslu Lingga, terkait dengan foto “ASN” yang melakukan aksen atau peragaan “Salam Tiga Jari”, apakah melanggar peraturan dan melanggar ketentuan tentang “Netralitas Aparatur Sipil Negara” pada konteks Pemilihan Kepala Daerah.

Didalam foto bersama tersebut, ada sikap seorang “Polisi” yang patut menjadi contoh, yakni dengan peragaan kepalan tangan, ketika yang lainnya memperagakan salam Tiga Jari yang rawan pada saat menjelang Pilkada di Kab.Lingga.

Dihari yang sama Awak media melakukan konfirmasi melalui pesan WhatsApp, dengan meminta pendapat Ketua Badan Pengawasan Pemilu (Ka.Bawaslu-red) Lingga Zamroni, dengan singkat beliau menjawab,nanti Bawaslu akan lakukan penelusuran investigasi sebelum nanti dijadikan dugaan pelanggaran Terkaita Netralitas ASN maka semua yang terindikasi tidak netral maka akan ditelusuri oleh bawaslu.sedemi kian yang di ucapkan Zamroni.

Dengan adanya persoalan “Salam Tiga Jari” oleh ASN disaat foto bersama kandidat kontestan Pilkada Lingga, usai peresmian Puskemas di Kecamatan Bakung Serumpun Kabupaten Lingga, patut menjadi renungan bagi ASN lainnya.

Ketua Bawaslu Lingga, tidak main-main untuk menerapkan tentang Netralitas ASN. Sebaiknya, kalau ingin bersikap, maka contohlah “Polisi” yang ada difoto tersebut, yang tersirat akan kenetralannya.

Jangan sampai, sikap ASN yang mempergakan Salam Tiga Jari, membuat kecewa kandidat kontestan lainya. Mari bersama-sama menciptakan keteduhan di Pilkada Lingga, salah satu upaya untuk keteduhan itu adalah, “Netralitas ASN”.

Encek Taufik

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *