Setelah 10 Tahun Permasalahan Akhirnya PT.SSLP Mengembalikan Sertafikat Hak Masyarakat Desa Linau

Lingga — Lintastoday.com. Setelah 10 tahun melalui lika-liku proses panjang segala permasalan. Akhirnya masyarakat Desa Linau berhasil mendapatkan hak ligalitas kepemilikan lahan/tanah yang sebelumnya dikuasai PT. SSLP.

Giat pengembalian sertifikat lahan hak masyarakat desa linau tersebut dijembatani langsung oleh Kapolres Lingga AKBP Boy Herlambang SIK.,M.Si diwakili Kapolsek Daik Lingga AKP Tasriadi dan Kasatreskrim Polres Lingga AKP Adi Kuasa Tarigan SIK diwakili Kanit 2 nya Ipda Wisuda dan KBO Reskrim Iptu T. Goltom.

“Adapun permasalahan sebelumnya pada tahun 2006 masyarat pemukiman transmigrasi Linau Dusun tiga (03) yang tergabung dalam Koperasi Usaha Bersama (KOPMA) membuat kesepakatan/perjanjian dengan pihak PT. SSLP terkait kerja sama dan kemitraan Inti plasma proyek pengembangan usaha budidaya tanaman kelapa sawit yang dituangkan dalam perjanjian kesepakatan No.01/lll/KOPMA/2006 tertanggal 01 Maret 2006.

 

Atas perjanjian tersebut, Kemudian sertifikat masyarakat sebanyak 212 SHM dijaminkan kepada PT.SSLP sebagai modal usaha untuk budidaya kelapa sawit, Dikeranakan sampai dengan tahun 2017 kegiatan usaha tidak terlaksana sesuai perjanjian maka kemudian masyarakat menuntut pengembalian sertifikat tersebut. Atas kejadian tersebut masyarakat desa Linau diwakili oleh sdr. Yufik melaporkan PT.SSLP berdasarkan Laporan Polisi Nomor. LP-B/22/XII/2018/Kepri/SPKT-Res Lingga.

Menanggapi permasalahan polimik tersebut. Kapolres Lingga AKBP Boy Herlambang melalui Kasat Reskrim Polres Lingga AKP Adi Kuasa Tarigan menjelaskan.

“Dalam penanganan permasalahan sertifikat tersebut penyidik telah melakukan tindakan penyelidikan, namun demikian untuk kepentingan masyarakat kami pihak kepolisian juga mengupayakan mediasi agar perusahan bersedia mengembalikan sertifikat masyarakat, ada beberapa upaya mediasi yang telah dilakukan yaitu pada tanggal 11 Januari 2020 dan pada tanggal 13 Juli 2020”, Ucapnya, Jum’at 17/07/2020.

Kemudian AKP Adi Kuasa Tarigan, SIK menjelaskan, Hasil dari mediasi yang di jembatani oleh Polres Lingga akhirnya membuahkan hasil, Dan hari ini tepatnya tanggal 17 Juli 2020 telah di langsungkan pengembalian Sertipikat Masyarakat tersebut, bertempat kegiatan di Gedung Olah raga dan Kesenian Desa Linau, Terangnya.

“Saya sudah perintahkan kepada Kanit 2 Ipda Wisuda dan Kbo Reskrim Iptu T.Gultom untuk mengawal proses pengembalian sertipikat masyarakat agar kelangsungan kegiatan berjalan sesuai ketentuan yang berlaku dengan harapan agar dikemudian hari tidak terjadi persengketaan kembali, Dan sebanyak 122 sertifikat sudah diserahkan oleh pihak PT.SSLP kepada masyarakat, Sisa 68 sertifikat akan segera dikembalikan pada tahap berikutnya setelah di verifikasi”, pungkasnya. (Taufik)

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *