Rio Remota Peduli Kesehatan dan Bentuk Posko Percepatan Penanganan Covid-19

Hanura, Lintastoday.com–Untuk memutus mata rantai penyebaran Virus Corona, Desa Hanura, Kecamatan Teluk Pandan Kabupaten Pesawaran, membentuk Posko Percepatan Penanganan Covid-19.

Kepala Desa Hanura, Rio Remota menuturkan, posko tersebut dibentuk agar penanganan Covid-19 bisa lebih cepat dan akurat, sekaligus untuk mengedukasi dan meredam berita hoaks atau informasi yang dapat meresahkan warga.

“Yang paling utama, warga jangan panik, tetap dirumah saja kalau tidak ada keperluan yang mendesak. Tetap jaga kesehatan, jaga jarak, cuci tangan pakai sabun dengan air yang mengalir, jika pulang dari bepergian jangan menyentuh apapun sebelum cuci tangan pakai sabun,” tegasnya, Sabtu (11/04).

“Semua elemen masyarakat harus mendukung, agar yang berhubungan dengan virus Corona yang telah menjadi pandemi ini bisa dengan cepat tertangani,” ujarnya.

Sebelumnya Pemdes Hanura, bersama perangkat desa, Babinsa dan Bimaspol melaksanakan penyemprotan disinfektan ke semua wilayah desa baik pelosok kampung maupun perumahan. Hal itu dilakukan untuk memutus mata rantai penyebaran virus Covid-19, sekaligus memberikan imbauan atau woro-woro kepada warga.

Dalam kegiatan pemantauan ini Bupati Dendi memberikan arahan serta imbauan kepada Tim Siaga Penangulangan Covid-19 dalam menyikapi dan mengedukasi warga agar tidak menimbulkan kepanikan, terutama kepada warga yang masuk atau keluar Pesawaran yang melewati Desa Hanura.

Desa Hanura merupakan pintu gerbang wilayah pesisir Pesawaran. Oleh sebab itu, perlu melakukan langkah-langkah pencegahan. Selain melakukan penyemprotan disinfektan, juga harus mendata dan mengawasi secara ketat terhadap warga yang keluar/masuk ke daerah pesisir.

“Selain itu, memberikan edukasi kepada warga tentang social distancing (tidak berkumpul dan melaksanakan kegiatan yang melibatkan orang banyak) dan physical distancing guna memutus mata rantai penyebaran virus corona Covid-19 di wilayah pesisir,” kata Bupati.

Menindaklanjuti arahan Bupati, Rio Remota memerintahkan Satuan Tugas Penanganan Pencegahan Penyebaran Covid-19 yang telah dibentuk oleh Pemerintah Desa Hanura agar terus mengimbau dan mengedukasi warga tentang aturan dan arahan pencegahan virus mematikan ini.

“Satuan Tugas Penanganan Covid-19 yang telah dibentuk pemerintah desa wajib memberikan edukasi kepada warga terkait langkah pencegahan virus ini; tetap di rumah, memakai masker saat keluar rumah, jaga jarak, jangan panik dan menjaga pola hidup bersih dan sehat serta mengikuti arahan pemerintah,” jelas Rio. (Asep/Red)

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *