Kuasa Hukum Desak Polisi Tetapkan Tersangka, Terkait Dugaan Perampasan yang Mengambang

Lampung selatan, Lintastoday.com—Direktur LBH Perkumpulan Advokaten Indonesia (PAI) Provinsi Lampung, M Ilyas,SH, mendesak penegak hukum Polres Lampung Selatan (Lamsel) untuk menetapkan tersangka pencurian dan kekerasan terhadap klien kami (Safari), Sebab, sudah lima bulan kasus ini berjalan, belum juga ditetapkan tersangka.

Ilyas menuturkan, dugaan tindak pidana pencurian dan kekerasan (Curas) yang dilakukan oknum karyawan PT Internusa Tribuana Citra (ITC) itu sebelumnya telah dilaporkan oleh kliennya pada tanggal 23/04/2020 lalu ke SPK Polres Lamsel dengan LP (STTLP)/B-292/LPG/RES LAMSEL/.

Ketika itu, Senin 5 April 2020, kliennya Safari, warga Dusun Paninjauan, Sidomulyo, Lamsel didatangi dua orang Debt Collector PT ITC dirumahnya.

Saat itulah terjadi perampasan kendaraan milik Safari yang dilakukan DA bersama temanya IM karena alasan menunggak angsuran kredit. perampasan terjadi di rumah Hafifi yang merupakan paman Safari, tampa memberitau Safari terlebih dahulu, Hafifi paman klien kami (Safari). harus merelakan kehilangan kendaraan, jenis Pick Up Merk Suzuki Carry Futura warna biru BE 9236 BL, “Tindakan ini tentu merugikan klien kami,” kata Ilyas. Senin (07/09).

Menurut Ilyas, berdasarkan kajian PAI peristiwa itu sudah cukup dugaan tindak pidana (delik) dan sudah memenuhi unsur “Mans Rea dan Actus Reus”, Sebab terlapor sudah melanggar pasal 365 KUHP, “Jika kita mengacu Peraturan Kapolri (Perkap) No.14 Thn.2012 tentang Manajemen Penyidikan Tindak Pidana terdapat beberapa tipe perkara, dari perkara mudah, sedang, sulit bahkan sangat sulit,”Maka dari itu, selaku kuasa hukum kami mendorong jajaran penegak hukum Polres Lamsel dapat segera menetapkan tersangka,”ucapnya.

Diharapkanya penyidik dapat bersikap objektif, profesional dan independent dalam menangani perkara yang dilaporkan kliienya, “Kami meminta kepada Kapolres Lamsel dapat segera menetakan tersangka, “sehingga tidak ada komentar negatif dari masyarakat, dengan begitu akan mencerminkan keprofesionalan aparat Kepolisian yang tidak pandang bulu dalam menindak pelaku tindak pidana,” pungkas Ilyas.

Sementara, Kasat Reskrim Polres Lamsel, AKP Try Maradona yang dihubungi via ponselnya berjanji akan merespon segala bentuk aduan dari masyarakat, namun harus tetap prosedural, “Nanti akan saya tanyakan dengan anggota dulu ya mas, mengingat banyaknya perkara yang ditangani Polres Lamsel,” katanya. (Riyan/Red)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *