H. Dadang : “Insya Allah Desa Gebang Juara Lomba Desa Tingkat Kab Pesawaran”

Desa Gebang, Lintastoday.com–Setiap tahun, di masing-masing Kabupaten/kota di Indonesia, selalu mengadakan kegiatan lomba desa tingkat Kabupaten/kota, ini artinya, ada rangkaian yang perlu disiapkan bagi desa yang maju ditingkat Kabupaten, Mereka harus berlomba-lomba melakukan perbaikan dan masuk kategori pemenang lomba desa tingkat Kecamatan.

Tidak mudah mendapatkan predikat pemenang lomba desa tingkat Kecamatan, walaupun di tingkat Kecamatan itu telah mendapatkan nominasi yang cukup bergengsi, karena telah mengalahkan desa-desa di wilayahnya, namun mereka juga harus berjuang dalam penilaian lomba desa tingkat Kabupaten.

Berbagai persiapan tentunya dilakukan dilevel Kecamatan, baik itu terkait administrasi desanya, keterlibatan masyarakat dalam kemajuan desa, termasuk penilaian pada aspek pendidikan, kesehatan, ekonomi masyarakat, keamanan dan ketertiban, partisipasi masyarakat dalam pembangunan.

Perlombaan desa hendaknya tidak dipandang sebagai rangsangan untuk mendapatkan kejuaraan saja, karena ajang ini merupakan kesempatan untuk mendapatkan pembinaan guna pembangunan jangka panjang, meningkatkan kemajuan sehingga mendorong kesejahteraan masyarakat khususnya di lingkup desa.
Lomba desa tidak semata-mata mengejar juara melainkan mengevaluasi sejauhmana upaya terwujudnya kemandirian desa dan kelurahan sesuai indikator pembangunan.

Dalam rangka Lomba Desa Tingkat Kabupaten Pesawaran yang menjadi tuan rumah kali ini bertepatan di Desa Gebang, Kecamatan Teluk Pandan Kabupaten Pesawaran, Kepala Desa Gebang H. Dadang Insya Allah desanya juara lomba tingkat Kabupaten, Kamis (19/03/20).

Dalam sambutan H. Dadang menjelaskan sedikit sejarah berdirinya Desa Gebang Kecamatan Teluk Pandan Kabupaten Pesawaran, bahwa pada tahun 1972 dari pergantian-pergantian kepala desa, mengucap syukur alhamdulilah dari tahun 2007 hingga 2020 hingga saat ini saya memimpin Desa Gebang yang dipercaya oleh masyarakat desa gebang, ujarnya.

Artinya alhamduilah Desa Gebang ini usianya 48 tahun, luas wilayah desa gebang ini kurang lebih 19,96 hektar dan desa gebang juga mempunyai BumDes Makmur Jaya (Badan Usaha Milik desa) alhamdulilah sudah berjalan 80 persen sesuai dengan harapan, disana juga membangun tracking mangrove adalah wisata tracking mangrove dan menanam.

Bahwa didesa Gebang ini juga disamping tracking Mangrove itu tadi, baik menjaga hutan mangrove yang insya allah kita akan jaga, oleh karena itu juga akan menghidupkan adat budaya Lampung yang hidup Pesisir, dan untuk membudidayakan ternak-ternak ikan sampai berkembang biak.

“Kami warga Gebang Optimis bisa meraih dalam lomba desa, secara keseluruhan kemampuan telah kami kerahkan bersama segenap perangkat desa dan seluruh masyarakat dalam melaksanakan segala hal secara keseluruhan, ujarya.

Turut hadir ketua Tim PKK Kabupate Pesawaran, Camat Tekuk Pandan, pihak kepolisian, Kepala Desa BPD, tim PKK se-Kecamatan Teluk Pandan, serta para undangan.

Asisten I bidang pemerintahan Drs. M. Syukur mewakili Bupati didamping Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dari Desa (PMD), tim penilai kabupaten pesawaran mengatakan agar lomba desa ini betul-betul dijadikan sebagai ajang untuk promosi hasil pembangunan maupun potensi desa Gebang.
Lomba Desa yang mencakupi bidang pemerintahan, pembangunan, pemberdayaan untuk mengevaluasi sekaligus mendorong dan memotivasi masyarakat unutk berpartisipasi dalam kegiatan pembangunan desa maupun kabupaten, “katanya.(Asep/Lahmudin)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *