Gelar Rapat Virtual : Tim Sentra GAKKUMDU Bangun Sinergitas Pasca Pemilihan Lanjutan

TOLITOLI – Lintastoday.com – Pasca Pemilihan Lanjutan Tahun 2020, telah dibentuk Tim Sentra Gakkumdu Kabupaten Tolitoli. Sesuai dengan Pasal 154 ayat (1) Sejatinya untuk menyamakan pemahaman dan pola penanganan tindak pidana pemilihan, Bawaslu Provinsi/Bawaslu Kabupaten/Kota, Kepolisian Daerah dan/atau Kepolisian Resort, dan Kejaksaan Tinggi dan/atau Kejaksaan Negeri membentuk Sentra Penegakan Hukum Terpadu (Gakkumdu).
Untuk itu dilakukan rapat koordinasi Tim Sentra Gakkumdu Kabupaten Tolitoli yang dilanjutkan dengan Rapat Virtual bersama tim Sentra Gakkumdu Se- Provinsi Sulawesi Tengah bertajuk Penanganan Pelanggaran Pidana Pemilihan Secara Dalam Jaringan (Daring) Via aplikasi Zoom Meeting di Sekretariat Bawaslu Kabupaten Tolitoli.

Kegiatan ini dibuka langsung oleh Ketua Bawaslu Provinsi Sulawesi Tengah Ruslan Husen.

Anggota Bawaslu Provinsi Sulawesi Tengah Jamrin Zainas Sebagai salah satu pembicara dalam kegiatan itu menuturkan pelaksanaan pilkada dimasa pandemic covid-19 ini membutuhkan kerangka hukum yang kuat, dukungan anggaran yang cukup, kesiapan teknis penyelenggaraan yang matang serta penerapan protocol covid-19 yang tepat.

Ketentuan pelaksanaan pemilihan lanjutan ini diatur pada PKPU Nomor 5 Tahun 2020. Dalam hal mewujudkan penegakan hukum pemilihan, harus dibangun komunikasi, sinergitas dan koordinasi yang baik antara Bawaslu, Kepolisian dan tim penyidik dari kejaksaan baik kabupaten/kota maupun provinsi.

Ketiga unsur dalam sentra Gakkumdu harus senantiasa berkoordinasi dan menyatukan visi sebab ketiganya memiliki kewenangan yang berbeda tetapi tujuan yang sama.

Hal ini kemudian dilakukan sebagai upaya menyatukan persepsi dalam rangka penegakan hukum sehingga mewujudkan demokrasi yang jujur dan adil.(Bidhumas/Umar Alamrie)

Editor : Irfan Pontoh

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *