Desa Tulus Ayu Sosialisasi Peduli Kesehatan Lakukan Penyemprotan Disinfektan Basmi Covid-19

Oku Timur, Sumsel, Lintastoday.com--Mewabahnya virus corona di beberapa negara termasuk Indonesia, bahkan di sejumlah daerah, termasuk Desa Tulus Ayu Kabupaten Oku Timur Provinsi Sumatera Selatan.

Untuk mencegah semakin mewabahnya virus yang sangat mematikan yang telah menjadi musibah secara nasional, para tokoh masyarakat dan tokoh pemuda Desa Tulus Ayu, Kecamatan Belitang Madang Raya, Polsek Madang Suku Satu (1) Polres Oku Timur beserta Koramil dan jajarannya melakukan penyemprotan disinfektan, Selasa (31/03/20).

Siti Marhamah (kepala desa) dan didampingi oleh perangkat desanya, desaTulus Ayu. Iskandar (sekdes), Wahyu. P( mpd ), Suwandi( kadus l ), Paiman( rt ), Harwanti( ketua tppkk ), Iswanto( Bpd ), Beserta staf lain nya Juga, dan juga dari pihak Bidan desa Desa Tulus Ayu. (Kepala Puskes) Yeni Margareta. SKM, MKes, (Bidan Desa) Rusmiati. Am Keb, Ani Pujianti. Am.Keb, Nia Saniaturohma. Am. Keb beserta Stafnya, Serta Pihak Kepolisian Sektor Madang Suku l, Aipda. Asmuni, Bripka.Herly.A,SE, Bripka. Didik.P, Bripka. Maulana.M.SH, Bripka. Erwin, Bripka. Aliadi,S.I.Kom, Briptu. Ganta.G. Bripka. Sutrisno.SH.(Kompi l Batalyonsi), Pelda. Jumakir (Koramil 05/BMT),Sertu. Sukamto (Koramil 05/BMT), M.Nurhasyim (Senkom), M. Kanda Budi Setiawan, Spdi. SH (Ketua Dpc LAI Okut). berkeliling kampung Desa Tulus Ayu Kecamatan Belitang Madang raya Kabupaten Oku Timur, Selasa. (31/03/20).

Hal yang sama disampaikan Siti Marhamah, Kepala Desa Tulus Ayu Kecamatan Belitang Madang Raya penyemrotan disinfektan tersebut dilakukan untuk mencegah mewabahnya Virus Corona yang cukup meresahkan dan menakutkan ditengah masyarakat secara nasional Sekarang ini. Kendati demikian tokoh masyarakat dan juga tokoh pemuda beserta Kepala Desa dan juga Babinsa dan Koramil telah bekerja sama dengan masyarakat untuk melakukan penyemprotan disinfektan guna mencegah karena mencegah lebih baik dari mengobati.

Dengan hal ini Siti Marhamah Selaku Kepala Desa Tulus Ayu dan Pihak Kepolisian Sektor Madang Suku l, Camat, Koramil, Kompi l Yonsi, menghimbau kepada masyarakat sesuai himbauan Bupati Oku Timur Nomor : 140 / /2002 / 2020 Tentang Antisipasi dan Penanganan dampak penularan COVID – 19. Dengan ini pemerintahan Desa Tulus Ayu menghimbau kepada masyarakat bahwa :
1. Masyarakat di harap tetap tenang dan selalu menjaga kesehatan.
2.Masyarakat untuk selalu menjaga kebersihan lingkungan dan berperilaku hidup sehat diantaranya :
A. Mencuci tangan dengan sabun.
3. Hindari dan kurangi pertemuan yang mengumpulkan banyak orang :
A. Yasinan, arisan, senam Dan lain – lain.
4. Bila tidak ada kepentingan yang mendesak hindari bepergian keluar kota.
5. Hindari/batasi salam – Salaman dan kontak Visik.
6. Semua masjid/mushola sebaik nya tidak menggunakan alat karpet jamaah, membawa sajadah dari rumah masing – masing.
7. Ajak dan awasi anak – anak untuk bermain, belajar di rumah.
8. Bila ada warga yang datang dari luar kota/luar negeri untuk segera melapor kepemerintah desa Tulus Ayu.
9. Bagi warga yang sedang mengada kan hajatan untuk di percepat acaranya.
10. Tempat umum agar disemprot dengan cairan Disinfektan.
11. Tetap di rumah adalah tempat yang paling aman untuk terhindar dari penyebaran virus COVID – 19.

Selanjutnya pemerintahan Desa Tulus Ayu dan pihak tersebut diatas guna memberikan himbauan tersebut kepada masyarakat menggunakan kendaraan Sepeda motor, dan alat thanki semprot, serta menggunakan Mobil Dinas Kesehatan Puskesmas Setempat, dan ditambah alat pengeras suara, dan berkeliling kampung guna memberikan arahan kepada masyarakat sesuai dengan himbauan diatas, agar supaya masyarakat umum tahu, tuturnya.
Titik Sasaran :
1. Kantor Desa Tulus Ayu.
2. Masjid, Mushola, Sekolah dan Termasuk TK.
3.Beberapa Rumah warga dan Tempat – tempat fasilitas umum lain nya.
Lagi-lagi beliau menambahkan bila kita setiap habis melakukan aktivitas dalam bentuk apapun kita harus mencuci tangan sampai bersih agar supaya terhindar dari segala macam penyakit terutama penularan virus corona, tuturnya.

Dengan demikian untuk mengurangi ke -khawatiran masyarakat, khususnya masyarakat Tulus Ayu Kecamatan Belitang Madang Raya, tokoh masyarakat dan tokoh pemuda Desa Tulus Ayu serta jajaran pemerintahan Desa melakukan disinfektan untuk mencegah mewabahnya Virus Corona yang kian mengkhawatirkan baik di daerah bahkan secara nasional dan semoga di Desa Tulus Ayu jangan sampai Virus tersebut ada, namun yang paling perlu kita harus melakukan pencegahan. (Irawan/453P)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *