Desa Jati Indah Raih 2 Penghargaan Dari Kemenkes RI

Lintastoday.com, Jati Indah–Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lampung Selatan meraih penghargaan bergengsi yaitu Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) Berkelanjutan Award Tahun 2020 dari Kementerian Kesehatan RI, Senin (16/11/2020).

Anugerah ini diberikan Kementerian Kesehatan RI kepada Lampung Selatan sebagai Kabupaten Stop Buang Air Besar Sembarang (BABS) atau Open Defecation Free (ODF).

Kabupaten Lampung Selatan menjadi kabupaten terbaik ke-2 dari 29 kabupaten/kota di Indonesia yang meraih penghargaan STBM Berkelanjutan Award Tahun 2020.

Salah satunya pemerintahan Desa Jati Indah Kecamatan Tanjung Bintang berperan serta dalam raih penghargaan (Sanitasi Total Berbasis Masyarakat) STBM, berkelanjutan tahun 2020 dari kementerian Kesehatan RI.

Kabupaten Lampung Selatan dalam penghargaan STBM Award 2020 mendapat total 4 penghargaan, yaitu 1. Kabupaten Open Defecation Free (ODF) kedua terbaik se Indonesia, 2. Sanitarian STBM terbaik, 3. Desa ODF terbaik, 4. Natural Leader STBM terbaik.

2 penghargaan yang ditorehkan oleh Desa Jati Indah Kecamatan Tanjung Bintang kepada kepala desa/Lurah Terbaik kabupaten kota dalam hal SBS atau ODF atas nama Ibdi Irwanto, SE selaku Kepala Desa Jati Indah dan Penghargaan natural Leader terbaik kabupaten atau kota dalam hal SBS atau ODF atas nama Warsito sebagai natural leader.

Saat desa jati indah dipercaya oleh pemerintah kabupaten lampung selatan untuk ikut serta menjadi peserta mewakili kabupaten Lampung Selatan dalam upaya meraih pengahargaan STBM Award 2020.

Maka upaya yang dilakukan adalah bekerjasama dengan perangkat desa, lembaga dan seluruh masyarakat Desa jati indah, untuk melakukan pendataan kondisi lingkungan terutama kepemilikan WC yang sudah permanen atau belum. Alhamdulilah…desa jati indah masyarakatnya sudah memiliki jamban permanen semua, ujar Ibdi.

Pilar yang kedua dalam STBM itu adalah cuci tangan menggunakan sabun, Didesa jati indah dalam pilar kedua tempat sarana prasananya cuci tangannya sudah disiapkan oleh pemerintahan desa yang diberikan seluruh rumah yang ada didesa jati indah, total yang diberikan oleh pemeerintah desa tempat cuci tangan mencapai 1273 rumah.

Lanjut Ibdi, beberapa waktu yang lalu ketika presentase tentang STBM, didepan dewan juri kepala desa jati indah berupaya semaksimal mungkin untuk menjelaskan menyakinkan kepada dewan juri sudah melakukan ODF dan sudah berhasil.

Alhamdulilah hasil sangat memuaskan pada hari Jumat (13/11/2020) telah diumumkan dari Kementerian Kesehatan RI bahwa untuk kepala desa terbaik adalah desa jati indah, Ibdi Irwanto, SE dalam bidang SBS atau ODF, tegasnya.

Saya ucapkan terimakasih kepada masyarakat desa jati indah dan lembaga, Babinsa dan Bhabinkamtibmas yang sudah terlibat dan berperan penting untuk mendapatkan 2 penghargaan dari kemenkes RI. (Red)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *