Bupati Amran Hi.Yahya Buka Musrenbang RKPD Kabupaten Tolitoli Tahun 2024

Tolitoli — Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Tolitoli menyelenggarakan Musrenbang RKPD Kabupaten Tolitoli Tahun 2024 yang dibuka secara resmi Bupati Tolitoli Amran Hi. Yahya, Rabu Pagi (08/03/2023) di Gedung Maramba Convention Hall.

Musrenbang kali ini mengangkat tema “Penguatan Ekonomi Daerah, Infrastruktur dan Sumber Daya Manusia (SDM)”.

Sambutan Kepala Bappeda Provinsi Sulawesi Tengah diwakili Kepala Bidang Pemerintahan dan Pembangunan Manusia Dr. Irwan, S. Pd., M. Si mengatakan sesuai dengan visi-misi Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah adalah Gerakan Cepat Menuju Sulawesi Tengah Lebih Sejahtera dan Lebih Maju. Dikatakan bahwa ada beberapa sektor utama dalam pertumbuhan ekonomi yaitu instruksi pengolahan yang terdapat di Morowali, pertanian, kehutanan, perikanan, pertambangan dan pengendalian kemudian konduksi serta revalasi eceran yaitu mobil dan motor.

Sementara itu dalam sambutan Bupati Tolitoli menyampaikan Musyawarah Rencana Kerja Pemerintah Daerah atau Musrenbang RKPD merupakan rangkaian prosesi berjenjang mulai dari tingkat Desa/Kelurahan, Kecamatan, sampai dengan tingkat Kabupaten untuk menyerap aspirasi masyarakat serta merupakan kelanjutan dari hasil pembahasan forum perangkat Daerah, untuk digunakan sebagai bahan masukan kepada Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Pusat untuk menyusun rencana kerja Pemerintah, dengan tujuan mendapatkan keselarasan antara Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) dan Rencana Kerja Pemerintah (RKP).

Musrenbang RKPD pada tahun ini merupakan penjabaran tahun ke 3 dari RPJMD Kabupaten Tolitoli periode 2021-2026. Berkaitan dengan kondisi saat ini dan perkiraan tahun 2024, terdapat beberapa isu strategis dan permasalahan yang menjadi kendala dan tantangan di Kabupaten yang dapat dijadikan dasar dalam penentuan program dan kegiatan, antara lain yaitu masih tingginya angka kemiskinan dan penganguran, peningkatan mutu pendidikan dan kesehatan serta prevalensi stunting, ketimpangan infrastruktur dasar antar wilayah, pertumbuhan ekonomi dan lapangan pekerjaan, pengelolaan lingkungan dan bencana banjir, adaptasi perkembangan teknologi informasi dan era industri.

Selain itu, untuk memfokuskan sasaran dan capaian yang ingin dicapai pada tahun 2024 antara lain peningkatan pelayanan publik berbasis teknologi, penurunan angka kemiskinan dan pengangguran, peningkatan kualitas pendidikan, peningkatan ketahanan dan keamanan pangan dan pengelolaan lingkungan hidup dengan pengelolaan bencana. Untuk itu dibutuhkan sinergitas, kolaborasi, diskusi serta proses-proses panjang lainnya yang harus kita lalui.

Diakhir sambutan Bupati mengatakan dengan berbagai tantangan yang akan dihadapi kedepan marilah kita bersama-sama bagaimana memikirkan dan merencanakan dalam menurunkan angka kemiskinan di masyarakat terutama dari sektor perkebunan, pertanian, perikanan dan peternakan. Ditegaskan untuk anggaran tahun 2024 akan dimanfaatkan sebaik-baiknya, karena suksesnya suatu Daerah tergantung dari perencanaan Daerah itu sendiri demi untuk kepentingan umum.

Turut hadir dalam acara tersebut Sekretaris Daerah Kabupaten Tolitoli, Wakil Ketua II dan anggota DPRD Kabupaten Tolitoli, rekan-rekan unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Kabupaten Tolitoli, para Asisten dan Staf Ahli Bupati serta para Kepala Perangkat Daerah di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Tolitoli, Pimpinan Instansi Vertikal, BUMN dan BUMD Kabupaten Tolitoli, para Kepala Bagian Setdakab Tolitoli, para Camat, Lurah dan Kepala Desa se-Kabupaten Tolitoli, perwakilan Tim Penggerak PKK, perwakilan Ketua Dharma Wanita Persatuan, dan perwakilan Gabungan Organisasi Wanita Kabupaten Tolitoli, Tokoh Agama, Tokoh masyarakat, kalangan akademisi, lembaga swadaya masyarakat, lembaga profesi, rekan-rekan media cetak dan elektronik, para undangan.##

Simber : Tim Liputan Bagian Prokopim Setdakab Tolitoli

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *